News Update :

Rubah Raksasa Tewas Ditembak Saat Tengah Berburu Domba

Selasa, 06 Maret 2012


Rubah Raksasa Tewas Ditembak Saat Tengah Berburu Domba
BBC
Alan Hepworth dan Rubah Raksasa
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto
TRIBUNNEWS.COM - Alan Hepworth, seorang pria asal Inggris berhasil membunuh seekor rubah raksasa yang tengah menyerang seekor domba di peternakan seorang temannya yang terletak di Aberdeenshire, Inggris, Senin (5/2/2012).
Rubah berbulu oranye itu, memiliki panjang 1,4 meter dari hidung hingga ekornya, dan memiliki berat 17,2 kilogram, hampir 11 kilogram lebih berat dari rata-rata rubah, yang hanya mencapai 6,8 kilogram.
Seperti dikutip dari BBC, Selasa (6/3/2012), Alan menuturkan, rubah tersebut sering menebar teror di peternakan kawannya, karena kerap memangsa anak domba.
"Kami tidak melakukan ini untuk kesenangan. Yang kita lakukan hanya untuk menghentikan mereka diluar kendali. Kami harus menembak rubah itu untuk menghentikan mereka membunuh anak-anak domba," ujarnya.
Rubah raksasa itu, tertangkap tangan, saat tengah mengendap-ngendap masuk ke dalam kandang domba saat larut malam. "Saat itu sudah larut malam, dan rubah itu, tertangkap mata kita karena ukurannya yang luar biasa," ucapnya.
Saat pertama kali melihat dari dekat, ia mengaku tertegun melihat ukurannya yang luar biasa. Menurut Alan ukuran rubah itu seperti seekor kijang.
"Ketika kami pergi untuk mengambilnya, kami kagum dengan besarnya. Saya hanya bisa mengangkatnya untuk sementara waktu karena ia sangat berat dan hampir sebesar kijang," katanya.
Jonathan Reynolds, seorang peneliti senior di Wildlife Conservation Trust (GWCT), menilai rubah itu bisa tumbuh dengan ukuran luar bisa, karena mendapatkan asupan makanan yang lebih dari cukup di wilayah pinggiran kota.
"Kami tidak tahu persis mengapa mereka bisa tumbuh besar, namun satu penjelasan yang mungkin, mereka mendapatkan lebih banyak makan di daerah pinggiran perkotaan," ucapnya. (bbc)

Penulis: Samuel Febrianto  |  Editor: Dewi Agustina
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com


Artikel Terkait:

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dayat News 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.